Senin, 14 November 2016

Proses itu Ibadah

Agama selalu memberi penghargaan tanpa memandang siapa anda. Sederhananya setiap pelaku ibadah akan diberikan ganjaran pahala dari proses yang dilakukannya. Biasanya semakin sulit prosesnya maka semakin besar pahala yang dijanjikan Tuhan.

Tak jauh berbeda dengan konsep orang yang cukup berusaha tanpa memeluk agama atau keyakinan tertentu. Mereka sadar untuk mencapai target atau kesuksesan yang mereka butuhkan adalah usaha atau prosesnya, bukan hasilnya. Karena hasil akan ada atas usaha yang ia perjuangkan saja.

Hal itu juga yang sebenarnya ditekankan dalam agama manapun, bahwa yang terpenting dalam ibadah bagi seorang hamba yang mengabdi adalah prosesnya, bukan hasil. Sebab hasil adalah hak absolut Tuhan, terkait pahala atau dosa yang hambaNya dapatkan.

Karena dengan berhenti membayangkan hasil atau balasan, maka seorang hamba akan beribadah atau berproses secara tulus dan ikhlas.

Mulailah berproses atas segala perbaikan yang dapat anda upayakan, jangan pikirkan ganjarannya karena dalam ibadah anda tak perlu imbalan. Jika anda berharap imbalan saat ibadah, maka secara tidak langsung hal tersebut menjadi kerja, mau melakukan karena di gaji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar