Sabtu, 17 Juni 2017

Tips-Tips I'tikaf yang Mudah dan Simpel

I'tikaf vroh

Sudah sering terawih? Puasa juga? Ibadah lainnya seperti shalat duha dan sunat-sunat lain juga udah?

Tinggal pingin liburan atau pulkam? Atau bahkan sudah pulkam menanti lebaran bareng keluarga?

Coba liburan paling greget yang Adanya cuma sebelum lebaran idul fitri, *I'tikaf* gan sis.
Oke gue nggak akan membawa dalil agama atau hadis supaya niatnya nggak melulu berharap imbalan atau lailatul qadr.

Gue sekedar ngarahin loe biar tambah kerjaan baru yang seru dan bisa nambah greget puasa loe menjelang akhir. Siapa tahu tahun depan loe udah mati dan rugi donk kalau puasa tahun ini cuma gitu-gitu aja, makanya coba I'tikaf!

Ada yang dateng di 10 hari terakhir ramadhan atau seminggu terakhir adapula yang malam-malam ganjil di antara 7-10 hari terakhir Ramadhan.

Bro kalau ibadah itu jangan ngincar fee kaya' loe kerja jadi karyawan miskin bro, minimal kalau belum bisa ikhlas coba-coba aja dulu. Iseng dan isi waktu luang yang bermanfaat pastinya.

Malam itu panjang, jangan kau persingkat hanya dengan tidur-Kiai Cepu.

Nah makanya coba iseng, coba pikirin aja keisengan yang disaksikan seluruh alam dan Tuhan langsung karena kamu nongkrong di masjid.

Nah selain coba iseng mungkin ada kekhawatiran lain kalian yang buat males I'tikaf, sudah bareng keluargalah, banyak kesibukan, kurang tidur atau takut bete' alias emang males aja

Jangan o'on bro, I'tikaf nggak semonoton itu jangan kaku kaya' kanebo. Dibawa asyik aja, kita i'tikaf itu bukan olahraga full berjam-jam cukup santai aja, fisik nggak capek kok yang diusahain maksimal batinnya.

Nih ya tips-tips simple dari gue buat iseng atau bahkan malah ketagihan kaya' orang nggak ngerokok akhirnya jadi perokok. Tapi ini yang halal bukan merugikan seperti rokok kok.

1. Cari Masjid Besar/bagus. Bukan berarti mushola kecil jelek ya, tapi masjid besar biasanya nyaman dan fasilitasnya terjamin itu bisa bikin loe pewe dan betah berlama-lama di sana.

2. Lakukan kegiatan yang variatif, jangan cuma ngaji terus nonstop, atau dizkr nonstop ntar ngantuk. Variasikan dengan shalawatan, berdoa, shalat sunat atau tahajud, curhat sama Allah, komunikasi seasyik mungkin loe pasti bisa, anak warnet aja main game dari malam sampai pagi aja kuat dan betah aja malah setiap hari lagi.

Dan kalau masih kurang, loe download dah kitab-kitab hadis atau buku islam di android loe-loe pada, itu banyaj yang gratis, tinggal download terus baca dah. Ingat divariasikan kegiatannya biar seru I'tikafnya!

3. Tidur/istirahat sejenak kalau ngantuk, bro siapa bilang waktu I'tikaf harus nonstop ibadah, istirahat juga perlu lagi, nah cara paling modern adalah dengan *Power Nap* tidur sekitar 15 menit lalu jangan lupa setel alarm selama waktu itu supaya nanti loe bangun, ambil air wudhu loe bakal fresh lagi dan bisa lanjut I'tikafnya.

4. Selipin hobi/Selingan misal nih loe suka baca novel atau komik atau hobi lain, ya lakuin aja di masjid tapi jangan terus lupa ibadahnya ini sekedar supaya kalian nggak bete' aja atau misalnya olahraga kecil biar nggaj pegel duduk terus, atur pernapasan biar rileks, main game sebentar, sebentar loh ya bukan terus-terusan. Kalau sudah feelnya mulai baik lagi bisa lanjut ke ibadahnya kan mantep

5. Bawa Bekal ya kan I'tikafnya pas malam jadi nggak apa donk makan yang penting tahu aturan dan jaga kebersihan, kalau perlu bawa tas dan kantung plastik untuk wadah supaya nggak berhamburan, bawa minum air putih atau kopi biar fokus dan melek ya walau ntar kalau waktu sahur di masjid besar biasanya ada yang ngasih tapikan bekal ini sebagai selingan selama kamu I'tikaf supaya lagi-lagi nggak bosen atau males pas ibadah.

6. Tidur dulu sebelum dateng ke Masjid nah ini kan orang i'tikaf variatif ada yang dari tarawih udah stay di masjid ada yang malam banget sekitar jam 10 ke atas. Nah bro en sis manfaatin waktu-waktu luang habis tarawih atau sebelum ke masjid buat lanjut I'tikaf buat tidur sebentar jangan lupa pasang alarm supaya nggaj keterusan tidurnya, ini supaya nanti pas kamu I'tikaf nggak gampang ngantuk.

Ya jangan banyak-banyaklah tipsnya namanya juga tipa simpel, satu yang mau gue pastiin ke loe, tanpa nyari dalil-dalil tentang keutamaan I'tikaf sekalipun kegiatan ini tidak merugikan dirimu sedikitpun. Dan lagi selama setahun loe sering tidur atau begadang nggak jelas waktu malam hari, apakah ada ruginya jika dalam beberapa malam kamu terjaga dengan kegiatan ibadah? Nggak ada sedikitpun melainkan minimal loe dapat pengalaman batin yang lebih baik, bisa introspeksi diri karena saya yakin dengan menghabiskan waktu malam di masjid bermesraan dengan Allah maka loe akan banyak merenungkan kesalahanmu dan memikirkan banyak rencana kebaikan di masa depan sebagai penebusan masa lalu yang tak mungkin kembali.

Makanya jangan sia-siakan nggak setahun penuh kok, sebulan aja cuma pas di hari-hari atau minggu akhirnya aja, masa' mau ditinggalkan begitu saja.

Ingatkan aku, dirimu, teman, sahabat, keluargamu untuk I'tikaf, istimewakan dulu pada Allah lalu setelah itu pada ciptaan Allah (maksudnya lebaran itu, kan pada heboh buat persiapan lebaran, Jaga gengsi, tradisi dan lain-lain)

Jangan dibiarkan Ramadhan pamit dan kita cuma gini-gini aja, saya optimis Ramadhan berikutnya masih bertemu tapi kalau tradisi kebaikan tidak dimulai dari sekarang sampai kapanpun Juga nggak akan bisa mulai.

Makanya ajak semuanya! Kita I'tikaf, masalah balasan kebaikan, lailatul  qadr dll itu terserah Allah, kita jalani aja dulu I'tikafnya!

Semoga bermanfaat, Fastabiqul Khairat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar